Cara Budidaya Lele | Sekilas Mengenai Pembesaran Ikan Lele

Perikanan Indonesia kali ini akan memberikan beberapa tulisan mengenai Pembesaran Lele Sangkuriang yang akan dibagi dalam beberapa postingan. Untuk kali ini, tulisan yang akan dibahas adalah Sekilas Mengenai Pembesaran Ikan Lele. Seperti apa tulisannya, mari kita simak penuturannya berikut ini.

Cara Budidaya Lele | Sekilas Mengenai Pembesaran Ikan Lele

Cara Budidaya Lele | Sekilas Mengenai Pembesaran Ikan Lele

Pembesaran merupakan tahapan terpenting dalam budidaya lele sangkuriang. Tahap inilah yang paling banyak dilakukan oleh peternak lele karena tingkat keuntungannya lebih besar. Namun demikian, pembesaran juga merupakan tahapan yang memakan biaya paling besar, terutama untuk memenuhi kebutuhan pakan. Oleh sebab itu, terutama untuk memenuhi kebutuhan pakan. Oleh sebab itu, pembesaran lele sangkuriang harus dilakukan seoptimal mungkin agar dapat menghemat biaya pakan dan pemborosan dapat dihindari.

Cara Budidaya Lele | Sekilas Mengenai Pembesaran Ikan Lele

Pada prinsipnya, tahap pembesaran merupakan usaha untuk membesarkan bibit menjadi lele ukuran konsumsi, sekitar 100–150 gram / ekor atau 7–10 ekor / kg. Kecepatan lele dalam mencapai ukuran konsumsi merupakan kunci untuk mendapatkan keuntungan. Keistimewaan lele sangkuriang adalah kecepatannya dalam mencapai ukuran konsumsi yang berada di atas lele dumbo biasa. Dalam waktu 60–70 hari, dari bibit berukuran 3-5 cm, lele sangkuriang sudah mampu mencapai ukuran konsumsi. Hal itu jauh lebih cepat dibanding lele dumbo biasa yang memakan waktu hingga 100-110 hari.

Agar dapat menghasilkan lele sangkuriang siap konsumsi dalam waktu yang diharapkan maka diperlukan penangan budidaya yang tepat. Penyebabnya, meskipun lele sangkuriang memilik sifat genetis yang cepat berkembang, namun apabila teknik budidayanya salah, maka tidak tertutup kemungkinan waktu pembesaran justru menjadi lebih lama dibanding lele dumbo biasa. Selanjutnya akan dibahas mengenai teknik pembesaran lele secara detail yaitu mengenai persiapan kolam pembesaran, cara mendapatkan bibit lele sangkuriang, pemeliharaan lele sangkuriang, manajemen pakan, dan memanen lele sangkuriang.

 Cara Budidaya Lele | Sekilas Mengenai Pembesaran Ikan Lele

Sumber 

Tags: , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

20 Responses

  1. Bagaimana cara membuat pakan pelet buatan untuk ikan lele???

  2. apa bedanya lele sangkuriang dengan lele dumbo,mana yang terbaik?

  3. Saya udh coba budi daya lele d rokan hulu,mudah2an berhasil.

  4. @ali : mudah bikin pakan pelet sendiri dengan menggunakan limbah “ampas tahu”

    • hi…..mas Ali. pa khabar, salam kenal
      mas boleh ngak bagi dikit pengalamannya bikin pakan pelet dengan limbah “ampas tahu”?

      mas hasil pakan pelet tersebut bagus ngak klo kita beri untuk pembesaran lele sangkuriang ya?

    • saya sangat tertarik dgn resepx mas paijo, tlg bagi ilmux
      dong…..

  5. Saya jadi tertarik pengen nyobain tani Lele nich. Mana yang bagus untuk di kembangkan dari berbagai jenis Lele?

  6. saya sudah bebekali membesarkan ikan lele tapi selalu mati pada saat pembesaran pertama. saya sudah beberapa kali gagal. Bagaimana cara mengatasinya sehingga bibit ikan lele tidak mudah mati. makasih?

  7. kan aku mau buat perikanan[lele], jadi gimana caranya merawat yang baik…??? tolong kasih tau….,,???

  8. untuk pemesarannya sendiri bagaimana bang,,???
    yang kita panen kan gak sekilo dua kilo………!!!

  9. Bagaimana caranya jdi orng sukses.

  10. Dmna y sya bsa dpat ikan lele sangkuriang??mkasih

  11. maf gan mau tanya neh…
    apa saja kendala yang dihadapi saat awal penebaran bibit??? bagai mana cara mengatasinya????
    trims…

  12. saya memiliki 2 ekor lele jumbo panjang 1.5 m berat 20 kg gimana cara merawatnya supaya umurnya panjang dan besar lagi ?

  13. sebaiknnya kalo bagi parah pemula bibitnya sangkuriang ‘ kemudian kalo pakan itu tergantung pd daerah masing masing klo’ bs s usus ayam karna itu pakan yg murah dan sgt pt membantu perrtumbuhan lele’

    mf mf klo saya salah cuba sekedar info’
    trus bg teman teman yg mau mesen bibit di daerah palembang dan sekitarnya bs hubungin saya di nomor :08978990069
    harga nego” bibit sangkuriang asli bersertifikassi

  14. Saat ini saya sedang coba usaha pembesaran lele sangkuriang, pertumbuhannya lumayan bagus dng padat tebar 1000/m, tapi saya masih kesulitan menangani limbahnya yang bau, saya sudah coba buat bioflok tp blm efektif berhasil juga, kira-kira kurang coba apalagi ya,mohon infonya ya agan-agan..

  15. dear rekan sekalian,
    saya sdh sebulan melihara lele sangkuriang, pertumbuhannya memang cepat, dibarengi makan yg cukup rakus, umur lele saya sdh 1 bulan, apa bisa saya selingi dgn pakan usus dan sisa ayam potong? saya mau tanya gimana cara olahnya, agar air kolam tidak tercemar?

    trus mau nanya juga nih sama senior, gimana cara nempel kolam terpal yg bocor krn digigit tikus?

    terakhir nih, kalau bibit lelenya 5000 ekor, biasanya bisa keluar berapa ton ? ukuran kolam 3 x 4 mtr.
    salam dan smoga sukses buat kita smua

  16. kenapa banyak orang yang memelihara ikan lele banyak kegalan di dalam pembesaran iakan lele
    sala satu kegagalanya adalah kena penyakit
    1.muncung putih
    2.perut merah
    3.bibit nya ketika panen besar ya tidak sama gedik ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*