Cara Mendapatkan Bibit Lele Sangkuriang

Cara Mendapatkan Bibit Lele Sangkuriang

Bibit Lele SangkuriangDi beberapa artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana cara untuk memijahkan lele sangkuriang. Maka pada bagian ini PerikananIndonesia akan membahas mengenai cara mendapatkan bibit lele sangkuriang dari pihak lain. Untuk mendapatkan bibit lele sangkuriang yang berkualitas, sebelum memutuskan untuk membelinya, perhatikan hal-hal berikut:

Cara Mendapatkan Bibit Lele Sangkuriang

  • Belilah bibit lele sangkuriang pada pembibit atau penjual terpercaya. Ada baiknya bila anda sudah mengenalnya terlebih dahulu. Pembelian terbaik dilakukan pada Balai Benih Ikan (BBI) karena bibit dari sana sudah pasti lebih terjamin.
  • Apabila bibit dibeli dari luar BBI, pastikan bahwa bibit yang akan Anda beli itu benar-benar merupakan bibit lele sangkuriang. Cek induk dari bibit tersebut dengan menanyakannya kepada penjual. Bibit sangkuriang didapat dari induk lele dumbo F2 betina dengan induk lele dumbo F6 jantan. Apabila penjual mengatakan bahwa bibit itu berasal dari induk lele sangkuriang, hal itu berarti bibit tersebut bukanlah bibit lele sangkuriang. Mengawinkan dua lele sangkuriang tidak akan menghasilkan bibit lele sangkuriang, melainkan bibit lele dumbo biasa.
  • Periksa kesehatan bibit sebelum membelinya. Pastikan tidak ada seekor bibit pun yang terserang penyakit karena penyakit itu dapat dengan mudah menular ke bibit-bibit yang lain.
  • Bawalah bibit yang Anda beli dengan menggunakan kantong plastik yang diisi oksigen. Apabila harus menempuh jarak yang sangat jauh, setiap beberapa jam sekali kantong perlu dibuka dan ditambah oksigen.
  • Hindari goncangan yang berlebihan pada saat membawa bibit agar bibit tidak mengalami stres.
  • Bibit yang dibeli dari tempat yang jauh sebaiknya dikarantina terlebih dahulu dalam bak plastik sebelum dipindah ke kolam.

Meskipun belum merata di semua daerah, penyedia bibit lele sangkuriang sudah cukup banyak. Namun yang paling terpercaya tentunya adalah Balai Beesar Pengembangan Budi Daya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi yang membidani kelahiran lele sangkuriang, Balai Pengembangan Budi Daya Perikanan Air Tawar (BPBPAT) Cijengkol-Sukamandi, serta berbagai penyedia bibit swasta. BBI di beberapa daerah juga sudah menyediakan bibit lele sangkuriang.

Cara Mendapatkan Bibit Lele Sangkuriang

Tags: , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

6 Responses

  1. saya tertarik ingin mengembangkan lele konsumsi, mohon informasinya tentang penjualan bibit lele di daerah pamulang dst. trima kasih

  2. Mantap artikelnya banyak

  3. Untuk daerah pamulang, silahkan main ke gang anggrek gan. Sebelah kanan sebelum masuk komplek perumahan pondok benda indah, pamulang 2.

  4. berapa harga 1 pasang bibit lele sangkuriang

  5. saya mau beli bibit lele 2 pasang, berapa harganya..?
    posisi saya di balaraja-tangerang

  6. Untuk daerah Surabaya, Dimana tempat Penjualan Bibit Terdekat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*