Ikan Hias | Ikan Arwana

Ikan Arwana adalah jenis spesies ikan hias air tawan yang banyak digemari oleh beberapa orang tertentu. Ikan yang memiliki bentuk tubuh yang panjang ini biasa disebut “Ikan Naga”. Kenapa dipanggil dengan sebutan tersebut karena ikan Arwana sering dikaitkan dengan sosok hewan naga yang berasal dari Mitologi Tionghoa. Naga dianggap memiliki simbol dari kekuatan alam, lebih tepatnya adalah angin topan. Biasanya ikan Arwana dianggap mempunyai sifat yang sangat baik asalkan ikan tersebut dihormati. Diluar hal itu, naga menurut budaya suku Banjar dan suku Daya selalu dijadikan sebagai simbol alam bawah. Hewan Naga tersebut selalu dilukiskan tinggal di dalam tanah atau air dan selalu disebut Naga Lipat Bumi.

Ikan Hias | Ikan Arwana

Selain itu, ada beberapa kepercayaan yang menyebutkan bahwa Ikan Arwana dapat mendatangkan hoki. Dilihat dari segi Feng Shui, ikan ini jika dirawat dalam rumah dapat meningkatkan suatu unsur yaitu logam. Ini dikarenakan fisik ikan Arwana tersebut berbentuk pedang. Untuk orang-orang yang percaya terhadap Feng Shui ini, umumnya merawat ikan Arwana bila rumah tersebut memerlukan unsur logam bagi tempat tinggalnya.

Salah satu jenis ikan Arwana hias yang digemari dan menjadi favorit adalah jenis Ikan Arwana Asia. Dengan daya fisik yang kuat, dan harga jual yang mahal, membuat ikan ini menjadi ikan yang cukup melegenda. Ikan Arwana Asia sendiri merupakan ikan yang hidup di sungai-sungai wilayah Asia Tenggara tepatnya di Indonesia.

Ikan Hias | Ikan Arwana

Ikan Hias | Ikan Arwana

Dibawah ini perikanan indonesia akan memberikan beberapa tips dan trik dalam melakukan perawatan untuk Ikan Arwana. Mari kita simak berikut ini :

 A. Ikan Arwana tidak mau makan atau mogok makan

  • Ikan Arwana kerap tidak mau makan. Hal ini disebabkan oleh beberapa perkara yang menjadikan ikan tersebut tidak mau makan yaitu,
  • Ikan Arwana sakit
  • Stress sebab parameter air tiba-tiba berbeda secara mendadak, sehingga menyebabkan suhu pada air menjadi sangat dingin.
  • Ikan Arwana merasa bosan terhadap menu makanan.dengan menu makanan yang diberikan.

Salah satu langkah untuk mengatasi permasalahan ini adalah :

  1. Menaikkan suhu dalam air dengan cara memasang heater hingga suhu mencapai 30 derajat celcius.
  2. Mengganti air dengan air yang baru yang telah diendapkan kurang lebih selama 1 hari sebesar 20%.
  3. Mengganti menu makan Ikan Arwana salah satunya dengan memberikan kodok, cacing tanah, dan ulat (sesuai dengan ukuran mulut Ikan Arwana).

B. Nafsu Makan Ikan Arwana Ditingkatkan

Ada beberapa langkah yang selalu dilakukan agar dapat meningkatkan nafsu makan Ikan ini, yaitu :

  1. Memberikan arus searah tapi kekencangan arus tersebut harus dinaikkan secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa stress.
  2. Menggunakan vitamin atau obat. Gunakan vitamin atau obat yang dapat dipercaya, contohnya Tetra Ikan Arwana ataupun Pil Hobbies.
  3. Menjaga kondisi air untuk selalu dalam keadaan bersih dengan parameter yang sesuai. Namun bila perlu untuk mengganti, maka gantilah dengan menggunakan air yang sudah di aerator dan diendapkan kurang lebih 1 hari.
  4. Penggunaan heater yang ditentukan di angka 30-32 derajat C.

C. Mengganti Menu Makanan Ikan Arwana

Agar mendapatkan pertumbuhan hingga maksimal, maka ikan Arwana harus diberikan pakan yang terbaik. Hal tersebut dilakukan agar dapat selalu menjaga pembentukan badan Ikan Arwana agar menjadi gemuk dan pertumbuhan warna. Tapi selalu ditemukan permasalah ketika terjadi pergantian pakan. Khususnya untuk pakan tertentu, contohnya penggunaan udang. Salah satu triknya yaitu dengan cara memuasakan Ikan Arwana dalam beberapa hari. Saat ikan tersebut telah kelihatan lapat, cobalah memasukan pakan. Namun, bila Ikan Arwana masih belum makan, maka cobalah dihari berikutnya.

Ikan Hias | Ikan Arwana

Sumber : www.duniahobi.com 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*