Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Pada kesempatan kali ini, perikananindonesia.com akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis Ikan Hias Maskoki Oranda. Ikan Hias Maskoki Oranda mempunyai ciri khas yaitu dengan tumbuhnya jambul di kepalanya dan sirip punggung (dorsal fin). Ikan Maskoki Oranda mempunyai bentuk tubuh bulat lonjong, kekar, dan gempal. Ikan Maskoki Oranda ternyata ada 10 jenis dengan karakteristik yang berbeda untuk setiap jenisnya. Dibawah ini adalah 10 jenis Ikan Maskoki Oranda.

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

1. Calico Oranda

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Calico atau sering disebut panca warna memiliki pola warna yang biasanya terdiri dari perpaduan kuning, putih, hitam, merah, dan kebiru-biruan, dimana warna hitam ini bisa berbentuk totol-totol. Ikan Hias Maskoki dengan warna ini mempunyai tipe sisik transparan atau sakura. Dimana sisik tersebut tidak mengkilat dan jika dilihat seperti tidak memiliki sisik. Ada juga dari jenis Ikan Hias Maskoki Calico yang tidak  memiliki lima warna pada tubuhnya.

2. Blue Oranda

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Blue Oranda adalah salah satu warna yang cukup langka dan unik. Karena biru yang dimaksud bukanlah benar berwarna biru tapi merupakan warna silver atau abu-abu yang kebanyakan warna ini tercampur dengan warna coklat tembaga. Untuk warna blue ini dapat disebut permanen, karena sudah dipastikan tidak akan mengalami mutasi lagi.

3. Red Oranda

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Ikan Maskoki Oranda ini mempunyai warna merah/kuning/gold/oranye/ di kepala dan seluruh tubuhnya. Warna merah bisa terlihat maksimak jika mendapatkan perawatan yang dilakukan ditempat  yang tersorot oleh cahaya matahari atau bisa dibantu juga dengan pakan pencerah warna merah.  Namun, jika perawatan dilakukan pada tempat yang tidak tersorot oleh cahaya matahari, maka warna merah tersebut akan memudar dan menjadi warna kuning atau orange.

4. Black oranda

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Oranda dengan warna hitam legam di seluruh tubuhnya. Terdapat beberapa cara yang di efektif untuk mempertahankan warna hitam yaitu dengan air bening, PH air relatif tinggi (7-8), sinar matahari, pemkaian air dengan suhu yang relatif rendah, dan penggunaan pakan non color enhancer.

5. Black Gold Oranda (Apache)

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Oranda yang satu ini mempunyai warna merah/kuning/gold/oranye dan hitam pada tubuhnya. Penggunaan nama Black Gold Oranda ini digunakan pada Ikan Hias Maskoki yang memiliki sisik metalik. Warna tersebut biasanya muncul ketiak terjadi proses mutasi dari red oranda yang belum selesai, kemudian diawali dengan warna hijau yang berubah kehitaman lalu timbul warna kuning dari perut bawah yang merambat naik ke atas.

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

6. Green Oranda

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Oranda jenis ini mempunyai warna abu-abu atau hijau kehitaman. Pada Ikan Maskoki dengan genetik warna merah putih, merah, dan black, maka warna hijau ini merupakan warna yang belum mutasi. Pada suatu waktu warna ini akan mengalami mutasi sesuai dengan genetik asli warna tersebut.

7. Red White Oranda

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Oranda tersebut mempunyai warna merah dan putih pada tubuhnya. Perawatan warna hampir sama dengan jenis Red Oranda namun, pada saat penggunaan pakan pewarna untuk jenis ini harus diperhatikan intensitasnya. Karena jika berlebih akan megotori bagian yang berwarna putih dan membuat pola warna merah melebar.

8. White Oranda

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Oranda yang mempunyai warna putih penuh pada sekujur sirip dan  tubuhnya. Namun jika diberi pakan pewarna, maka Oranda ini beresiko menimbulkan bercak warna merah yang menyebabkan tidak putih penuh lagi.

9. Sakura Oranda

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Oranda jenis ini mempunyai sisik transparan atau sisik sakura, sama dengan Calico namun bedanya adalah penamaan sakura ini menjadi identik dengan Ikan Maskoki yang mempunyai sisik transparan dan memiliki warna putih, merah, atau merah putih. Sakura Oranda  merupakan hasil persilangan dari jenis Calico dengan sisik metalik merah putih atau merah. Pada awalnya, anakan Sakura Oranda mempunyai warna seperti Calico namun warna hitam akan menghilang saat ikan bertambah besar.

10. Black White Oranda 

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Oranda dengan warna ini termasuk warna yang langka. Salah satu faktornya dikarenak genetik warna hitam putih untuk tipe sisik metalik yang belum stabil.  Mutasi masih suka terjadi biasanya pada warna ini, sehingga diperlukan perawatan yang khusus untuk menjaga warnanya.

Sumber

Ikan Hias | Ikan Maskoki Oranda

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*