Ikan Laut | Mengenal Sekilas Ikan Tuna

Tuna merupakan jenis ikan laut yang terbagi kedalam beberapa spesies dari famili Scombridae, khususnya untuk genus Thunnus. Ikan tuna memiliki beberapa spesies juga jenis yang mempunyai ciri-ciri fisik yang berbeda-beda dan bisa diakibatkan oleh keadaan lokasi atau perairan tempat hidupnya ikan.

Ikan Laut | Mengenal Sekilas Ikan Tuna

Ikan tuna adalah kelompok ikan pelagis yang aktif dan mempunyai pergerakan yang leluasa. Dilihat dari habitatnya ikan pelagis, dapat dibedakan menjadi dua yaitu ikan pelagis kecil dan besar. Yang termasuk kedalam kelompok ikan pelagis besar contohnya : Cakalang dan Tuna (Tuna Sirip Biru, Cakalang, Madidihang, Tuna Mata Besar, Albakora), Marlin (Setuhuk Hitam, Setuhuk Loreng, Ikan Pedang, Setuhuk Biru, Ikan Layaran), Tenggiri, Cucut Mako, dan Tongkol. Sedangkan untuk jenis ikan pelagis kecil contohnya yaitu : Klupeid (Lemuru, Siro, Teri, Japuh, Tembang), Skombroid (Kembung), dan Karangaid (Layang, Selar, Sunglir).

Ikan tuna memiliki bentuk badan yang memanjang bulat mirip dengan cerutu juga mempunyai satu lunas kuat yang terletak pada bagian batang sirip ekor dan diapit oleh dua lunas kecil pada ujungnya. Sedangkan penampang lintang tubuh tuna mempunyai bentuk agak membulat atau bulat panjang. Dengan warna punggung yang biru tua, terkadang juga hampir hitam dan warna pada bagian perut keputih-putihan yang dapat berubah bila ikan tuna dalam keadaan sudah mati. Ikan ini bisa digolongkan kedalam ikan buas, ikan karnivora, ikan predator, dan ukuran panjangnya bisa mencapai sekitar 50-150 cm. Kebiasaan yang lain adalah ikan ini selalu hidup bergerombol (schooling) kecil pada saat sedang mencari makan, tidak heran bila kecepatan renangnya bisa sampai 50 km/jam. Ikan ini tersebar meluas di seluruh perarian sub-tropis dan tropis.Ikan Laut | Mengenal Sekilas Ikan Tuna

Ikan Laut | Mengenal Sekilas Ikan Tuna

Di Samudera Atlantik dan Samudera Hindia, ikan ini dapat menyebar di antara 400 LU – 400 LS, dengan tingkat kedalaman mencapai 0-400 meter, kondisi suhu perairan 17-31 derajat C, dan tingkatan salinitas diantara 32-35 ppt. Burhannudin (1984) menyatakan jika suku Scombridae termasuk kedalam banyak jenis di dunia dan diperoleh data bahwa di perairan Indonesia sendiri terdapat 20 jenis, namun untuk jenis tuna sendiri terdapat 9 jenis. Keberadaan ikan Tuna di Indonesia hampir menyebar di seluruh perairan Indonesia, mulai dari sepanjang pantai Utara dan Timur Aceh hingga Selat Maluku. Adapun jenis-jenis ikan Tuna yang berada di Indonesia bisa dijelaskan pada tabel berikut ini :

Ikan Laut | Mengenal Sekilas Ikan Tuna

Ikan Laut | Mengenal Sekilas Ikan Tuna

Sumber : Burhanuddin et al. 1984. Suku Scombriade : Tinjauan Mengenai Ikan Tuna, Cakalang, dan Tongkol. Jakarta : LIPI.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*