Jenis-Jenis Ikan Koi (Bagian 1)

Jenis-Jenis Ikan Koi (Bagian 1)

Berhubung banyaknya pengunjung yang mencari informasi mengenai Ikan Koi, maka PerikananIndonesia akan memberikan sebuah artikel mengenai jenis – jenis Ikan Koi. Seperti kita ketahui, Ikan Koi merupakan ikan hias yang selalu memiliki pamor yang tinggi. Ikan yang selalu dianggap sebagai pembawa hoki ini, sudah pastinya tidak akan sepi dari para pecinta ikan hias yang selalu memburu ikan Koi ini. Langsung saja kita simak jenis – jenis ikan Koi yang sering kita jumpai di pasar berikut ini.

Hikarimoyo-mono

Hikarimoyo-mono

Ikan Koi jenis ini merupakan ikan hasil keturunan dari perkawinan Ogon dengan koi lain (diluar Utsuri), juga Hariwake. Menurut sumber yang beredar, dijelaskan bahwa ada 10 jenis yang termasuk jenis koi ini yaitu: Hyakunenzakura, Platinum Kohaku, Yamatonishiki, Kinsui, Sho Chiku Bai, Tora Ogon, Kujaku Ogon, Yamabuki Hariwake, Hariwake Doitsu, dan Kikusui. Ciri khas dari ikan Koi jenis ini mempunyai ciri khas yang terletak pada warna keperakan dan keemasan yang merupakan hasil dari persilangan antara jenis Koi Ogon dengan Ikan Koi jenis lainnya, diluar Utsuri.

Kohaku

Kohaku

Jenis Kohaku pada awalnya lahir saat zaman Bunka dan Bunsel pada tahun 1804-1829 yang berasal dari hasil persilangan antara koi putih dan koi merah. Ikan Koi Kohaku bisa dibilang varietas ikan Koi yang paling dikenal. Hal tersebut dapat dimaklumi karena ikan ini mempunyai corak warna yang bisa langsung membuat orang ingat pada bendera negara Jepang. Koi Kohaku yang mempunyai kualitas prima adalah ikan yang warna merahnya gelap dan warna putihnya seputih salju.

Jenis-Jenis Ikan Koi (Bagian 1)

Tancho

tancho

Untuk jenis koi yang satu ini bisa dibilang sangatlah populer untuk kalangan para penggemar koi . Hal ini dikarenakan ikan tersebut mempunyai bulatan yang berwarna merah yang ada di kepalanya. Sudah tentu sangat memudahkan orang ingat kepada bendera negara Jepang.

Taisho Sanke

Taisho Sanke

Taisho Sanke merupakan jenis ikan Koi yang mempunyai warna putih pada bagian badannya serta dihiasi dengan adanya warna hitam dan merah (triwarna). Tidak ada keteranga yang menyebutkan sejak kapan ikan koi dengan tiga warna ini lahir. Tetapi dari pertengahan zaman Meiji, ikan Koi Taisho Sanke telah ditemukan.

Kinginrin

Kinginrin

Yang disebut dengan jenis ikan ini yaitu ikan Koi yang memiliki corak – corak perak yang berada di badannya. Pada umumnya jenis koi Kinginrin dapat ditemukan dihampir setiap golongan ikan koi. Contohnya yaitu, kinginrin kohaku yang merupakan koi dengan corak kohaku namun mempunyai corak keperakan yang berada di atas warna putih dan orak keemasan yang berada di atas warna merah.

Utsurimono

Utsurimono

Pada umumnya untuk ikan Koi jenis Utsurimono mempunyai warna dasar yang terdapat pada tubuhnya yaitu hitam. Sedangkan untuk warna pada bercaknya yaitu warna kuning, putih, dan merah.

Showa Sanshoku

Showa Sanshoku

Warna dasar pada tubuh ikan Koi jenis ini yaitu hitam. Namun mempunyai hiasan yang berupa corak berwarna putih dan merah yang terletak di badannya. Bila dilihat secara sepintas ikan koi jenis ini sangat mirip dengan ikan Koi jenis Taisho Sanke, yang membedakannya yaitu pada warna dasar yang berwarna hitam, sedangkan Taisho putih.

Untuk kelanjutan artikel ini bisa dibaca di Jenis-Jenis Ikan Koi (Bagian 2).

Jenis-Jenis Ikan Koi (Bagian 1)

Tags: , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. ikan koi nya bagus bagus saya jadi ingin memeliharanya
    tapi gak punya fullter apa bisa ikan koinya di taruh di kamar mandi
    yang jenis ekor panjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*