Jenis-Jenis Ikan Koi (Bagian 2)

Jenis-Jenis Ikan Koi (Bagian 2)

Artikel Jenis-Jenis Ikan Koi (Bagian 2) ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Jenis-Jenis Ikan Koi (Bagian 1) yang dimana telah membahas ikan koi jenis Hikarimoyo-mono, Kohaku, Tancho, Taiso Sanke, Kinginrin, Utsurimono, dan Showa Sanshoku. Langsung saja kita simak bersama artikelnya berikut ini :

Bekko

Jenis Ikan Koi Bekko merupakan jenis Ikan Koi yang masih merupakan keluarga dari jenis Taisho-Sanke. Jenis Koi ini mempunyai perpaduan warna yang cukup mendasar yaitu tubuh kuning, putih, merah dengan corak berwarna hitam yang ada pada tubuhnya. Di dunia ini ada 4 jenis ikan Koi Bekko yaitu: Ki Bekko, Bekko Doitsu, Shiro Bekko, dan Aka Bekko.

Asagi

Ikan Koi Asagi merupakan jenis koi yang memiliki badan dengan warna biru atau biru cerah pada bagian perut, pipi serta juga lipatan sirip yang berwarna merah. Asagi pada umumnya mempunyai corak pada kepalanya, namun kepala yang tidak bernoda lebih sering diburu oleh para pecinta ikan hias. Perlu diketahui bahwa ada beberapa Asagi yang tidak mempunyai warna merah yang terletak pada perutnya.

Shusui

Jenis koi ini berhasil ditemukan oleh Mr. Yoshigoro pada tahun 1910. Ikan Koi Shusui merupakan jenis persilangan antara Asagi Sanke dengan karper kaca yang berasal dari Jerman. Ikan Koi ini mempunyai sisik yang besar serta mempunyai kulit yang lembut. Sedanngkan untuk punggungnya mempunyai warna yang biru gelap. Warna merah terbakar tampak terlihat di pipi, perut, ujung hidung, serta lipatan pada siripnya.

Koromo

Ikan jenis koi ini adalah hasil persilangan antara Ikan jenis Kohaku/Asagi dengan ikan jenis Sanshoku. Koromo mempunyai ciri yang cukup khas yaitu mempunyai badan yang dicoraki warna merah hampir sama dengan jenis Sanshoku dan Kohaku, namun ada campuran sisik yang berwarna kebiruan seperti jenis Asagi.

Jenis-Jenis Ikan Koi (Bagian 2)

Kawarimono

“Warna aneh”, merupakan sebutan yang sering digunkan untuk jenis ikan koi yang satu ini. Warna aneh tersebut muncul akibat adanya sebuah penyimpangan yang tidak disengaja saat proses persilangan. Hal tersebut membuat jenis koi ini menarik serta tampak unik.

Ogon

Untuk ikan Koi jenis Ogon merupakan ikan Koi yang memiliki badan yang berwarna emas. Adapun ciri umum ikan Koi jenis Ogon yaitu memiliki bentuk badan yang bagus, sisiknya dihiasi dengan warna keemasan (Koi yang mempunyai sisik lebar pada daerah perutnya, termasuk jenis yang sering dicari), sirip dadanya haruss berkilauan, kepalanya selalu berwarna keemasan cerah, dan warna ikan tidak berubah menjadi gelap, walaupun pada keadaan suhu yang naik.

Hikari-Utsurimono

Ikan Koi jenis koi ini lahir dari hasil persilangan antar keluarga jenis Utsuri yang memiliki warna dasar hitam bersama jenis Ogon yang mempunyai warna keperakan.

Jenis-Jenis Ikan Koi (Bagian 2)

Tags: , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

2 Responses

  1. jenis koi ini memang sangat cantik2 gan ane suka sekali ama koi

  2. cantik banget ikan koinya..jadi pengen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*