Jenis – Jenis Makanan Ikan (Bagian 2)

Setelah membahas mengenai Jenis РJenis Makanan Ikan (bagian 1), kali ini Perikanan Indonesia akan melanjutkan kepada bagian 2. Langsung saja kita simak penuturan Jenis РJenis Makanan Ikan Bagian 2 dibawah ini.

Makanan Campuran (Nabati dan Hewan)

Makanan campuran adalah makanan yang terdiri dari bahan nabati dan hewani. Jenis bahan makanan ini dapat dimakan selagi masih hidup, seperti ganggang algae, lumut, larva serangga, dan cacing, maupun dimakan dalam bentuk benda mati, seperti kotoran hewan, kotoran manusia, limbah industri pertanian, serta bangkai.

Ikan yang suka menyantap makanan campuran disebut ikan omnivora (ikan pemakan segala atau pemakan campuran). Beberapa contoh ikan omnivora, antara lain ikan mas tombro (Cyprinus caprio), maskoki {Carassius auratus), mujair (Tillapia mossambica), dan lele {Clarias batrachus).

Ikan omnivora lebih mudah menerima pakan tambahan maupun pakan buatan sewaktu masih burayak, benih, atau setelah dewasa. Misalnya lele Selain memangsa makanan hewani, lele juga melahap makanan nabati, dan tidak akan menolak jika diberi makanan pelet.

Ikan Maas Tombro

Jenis – Jenis Makanan Ikan (Bagian 2)

Plankton

Plankton adalah organisme yang hidup melayang-layang di dalam air. gerakannya pasif, dan hanya mengikuti arah arus karena tidak mampu untuk melawan gerakan air. Secara biologis plankton terdiri dari dua macam golongan yaitu plankton nabati atau plankton tumbuh-tumbuhan (fitoplankton) dan plankton hewani atau plankton binatang (zooplankton). Ikan yang makanannya utamanya plankton disebut pemakan plankton atau plankton feeder.

Beberapa contoh jenis plankton nabati antara lain Chlorella, Tetraselmis, Skeletonema, Isochrysis, Dunaliella,dan Spirulina. Contoh plankton hewani antara lain adalah Brachionus, Daphnia, Moina, Cyclops, Calanus, Trigiopus, dan Artemia.

Contoh ikan pemakan plankton antara lain tambakan (Helostoma temminckii) dan ikan layang {Decapterus russeli). Ikan pemakan plankton, burayak maupun yang dewasa dapat menerima makanan urn pakan buatan. Akan tetapi, bentuk makanan itu harus gan bentuk makanan aslinya, yaitu berupa tepung, butiran-mpun serpihan-serpihan halus (flake). Untuk burayak, pakan biasanya diberikan dalam bentuk suspensi (butiran-butiran jtkan dalam air).

Detritus

Detritus adalah kumpulan bahan organik yang telah hancur dan terdapat Jika di darat, hancuran bahan organik berasal dari tumbuh – tumbuhan maupun dari hewan, seperti alga, bakteri, cendawan, protozoa, kotoran hewan, kotoran manusia, limbah industri, dan limbah pertanian. Ikan yang suka makan detritus disebut pemakan detritus (detritus feeder). Contoh ikan pemakan detritus antara lain belanak {Mugil cephalus). Belanak suka mengambil hancuran lumut sutra (Chaetomorpha) dan lumut perut ayam (Enteromorpha) yang terdapat di dasar perairan.

Ikan pemakan detritus dapat menerima makanan tambahan dan pakan buatan dalam bentuk hancuran sehingga mempunyai sifat-sifat fisik yang mirip dengan detritus. Hal tersebut dikarenakan ikan-ikan pemakan detritus suka mengambil makanan yang mengendap di dasar perairan.

Jenis – Jenis Makanan Ikan (Bagian 2)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*