Keberuntungan dan Posisi Kolam Ikan Koi

Indonesia saat ini telah mempunyai 22 klub pecinta ikan Koi yang bernaung di bawah APKI (Asosiasi Pecinta Koi Indonesia) dan keberadaannya telah tersebar di wilayah Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa adanya kemajuan yang bisa dibilang pesat untuk perkembangan para pecinta ikan Koi Indonesia.

Ikan ini mempunyai beberapa jenis yang cukup terkenal, contohnya adalah Kohaku yang mempunyai corak Merah Putih. Sedangkan ikan Koi yang mempunyai corak merah putih hitam disebut dengan Taisho Sanshoku. Ataupun yang dominan dengan warna hitam biasa dipanggil Showa Sanshoku, serta yang bercorak Hitam Putih yang disebut dengan Shiro Utsuri, dimana jenis ini digolongkan kedalam empat besar (Goyungke) dan selalu menjadi unggulan dalam Lomba Ikan Koi di Tanah Air.

Keberuntungan dan Posisi Kolam Ikan Koi

Ikan Koi adalah ikan yang biasa hidup bergerombol, sehingga tidak ada istilah kanibalisme atau saling memangsa. Dikarenakan bentuk tubuh, keindahan warna, dan juga gaya renangnya yang terlihat elegan, membuat ikan Koi ini sering disebut Living Jewellery. Secara tidak langsung, ikan Koi bisa mengubah keadaan rumah menjadi indah. Oleh karena itu ada beberapa tips yang dapat digunakan agar dapat mengetahui koi yang berkualitas jika pembaca ingin memeliharanya di dalam rumah, yaitu :

  1. Ukuran dan usia Ikan, jika pembaca berkeinginan untuk memelihara Ikan koi yang berumur satu tahun, mempunyai size yang diatas rata-rata dan cukup besar. Semakin besar sizenya maka semakin mempunyai nilai tinggi pastinya.
  2. Bentuk tubuh, mencakup keseimbangan / keserasian ikan Koi. Proporsional tubunya bisa dilihat dari mulut ikan sampai dengan ujung ekor, lalu bentuk tubuh yang ideal untuk ukuran besar yang hampir mirip dengan torpedo.
  3. Komposisi warna, ikan Koi yang memiliki warna yang cerah juga tajam membuat ikan ini dapat mengundang rasa penasaran untuk selalu melihat dan terus melihatnya kembali.
  4. Gerakan ikan, gerakan gaya renang yang elegan ikut juga mendukung performa ikan koi. Ini akan terlihat sangat tampak jika sudah mencapai pada ukuran sedang dan besar.

Saat kualitas, ukuran, serta jenis ikan koi sudah ditentukan, maka pemilhan kolam ikan Koi mempunyai andil yang cukup penting. Ukuran kolam koi berbeda – beda disesuaikan dengan kondisi luas area di mana kolam koi ini akan ditempatkan sesuai dengan bentuk dan estetika tentunya.

Keberuntungan dan Posisi Kolam Ikan Koi

Keberuntungan dan Posisi Kolam Ikan Koi

Kolam ikan yang mempunyai ukuran “Medium”, biasanya merupakan kolam yang paling digemari oleh para penggemar ikan koi. Misanya jika pembaca memiliki halaman taman sekitar 8m x 10m, maka luas kolam ikan Koi yang dibangun berukuran sekitar 3,5m persegi sedangkan kedalamannya mencapai 1,5 meter. Kolam ikan dibangun sebagai pelengkap halaman rumah dan taman dimana bisa memberikan nilai estetika yang apik. Selain itu, beragam fasilitaspun harus bisa diaplikasikan dimana fasilitas tersebut merupakan rangkaian pendukung kolam ikan Koi yang sesuai dengan fungsi, desain, dan memberikan rasa aman.

Fasilitas yang dimaksud adalah pemusatan aliran listrik pada kolam ikan koi agar mencegah konsleting, pengaturan otomatis yang digunakan untuk pembuangan air serta pengisian kembali kolam ikan koi, dan feeding koi food digunakan untuk memberikan pakan ikan secara otomatis.

Beredar banyak informasi jika ikan Koi dapat membawa keberuntungan baik dalam rumah tangga ataupun karir. Menurut sumber yang perikananindonesia.com baca hal tersebut masih simpang siur, namun jika melihat dari sisi fengshui maka bisa saja benar. Saat zaman kerajaan China dahulu, kerajaan telah memelihara ikan Koi yang dipercaya bisa menambahkan “chi” keberuntungan juga keabadian. Ada dua hal yang bisa membawa keberuntungan saat memelihara ikan Koi, yaitu corak warna tubuh ikan Koi dan penempatan kolam yang berisi air dipercaya dapat membawa keberuntungan untuk si pemilik koi. Namun itu bisa terjadi jika kolam ikan koi dibangun sesuai dengan aturan fengshui, juga kedalaman kolam harus lebih dari permukaan. Selain itu, jumlah ikan Koi turut membawa keberuntungan. Contohnya jika pembaca memelihara ikan Koi sekitar delapan sampai sembilan ekor, merupakan perlambangan dari angka Delapan yang dapat diartikan kaya (kemakmuran), sedangkan Sembilan mengandung arti forever ( selamanya).

 Keberuntungan dan Posisi Kolam Ikan Koi

Sumber : Kompas.com

Tags: ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

2 Responses

  1. Budidaya ikan hias,terutama ikan hias koi sudah menjadi usaha yang sangat menguntungkan bagi para peternak maupun penghobi ikan hias di
    indonesia.sudah selayaknya pemerintah indonesia mendukung para peternak ikan hias,terutama pada UKM DI INDONESIA.

    Maju terus Perikanan Indonesia

    salam

  2. saya sangat tertarik dgn budidaya ikan hias (koi dan koki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*