Langkah Mudah Membangun Kolam Ikan Koi

Langkah Mudah Membangun Kolam Ikan Koi   Tidak sama dengan kolam ikan yang digunakan untuk membudidayakan ikan konsumsi, kolam koi yang dibangun di taman, tak perlu mengukur daya elevasinya. Kolam koi dapat dibangun diatas permukaan tanah, di bangun dibawah permukaan tanah, ataupun gabungan keduanya. Berbeda dengan kolam ikan untuk konsumsi yang memerlukan gabungan. Ada saatnya kita harus membangun kolam koi yang semuanya ada diatas tanah, dikarenakan tata letaknya berada dipinggir rumah dan biasa digunakan sebagai jalur transportasi orang. Tata letak kolam ikan koi yang seperti itu pasti akan cepat menjadi kotor bila semuanya berada dibawah permukaan tanah, jadi kita ambil bentuk yang menonjol.

Langkah Mudah Membangun Kolam Ikan Koi

Adakalanya orang mempunyai keinginan untuk membangun kolam ikan yang cukup luas di areal taman yang telah siap digunakan, jadi akan terlihat kurang enak dilihat seandainya kolam ikan ini sangat menonjol hingga menutupi keindahan bagian taman yang lain. Dengan begitu, pemilihan kolam ikan yang semuanya ada dibawah permukaan tanah lebih disukai. Selain itu, mereka menginginkan kolam yang lebih didalam di sudut pekarangan, hingga mereka memendam kolamnya sebagian ke dalam tanah dan separuh lagi terlihat menonjol ke permukaan tanah. Beragam pilihan benar-benar sudah ditentukan ketika melihat kondisi dan keadaan semua.

Sesudah mendapatkan bentuk kolam ikan yang diinginkan, kolam ikan koi dapat dirancang diatas tanah dengan menggunakan slang air dan tali plastik supaya bentukan kolam saat selesai gampang terlihat. Kemudian tanah dapat mulai digali dengan menggunakan cangkul. Bila kita merencanakan kolam ikan koi yang mempunyai dua kedalaman, bagian luar dangkal sementara bagian tengah lebih didalam. Tentunyah harap sudah direncanakan sejak awal sampai tidak merepotkan orang yang membuat kolam tersebut. Adapun manfaat dari kolam yang mempunya dua kedalaman adalah untuk persembunyian ikan koi sangat cuaca sekitar kolam sangat terik.

Langkah Mudah Membangun Kolam Ikan Koi

Contoh Desain Kolam Ikan Koi

Bahan utama untuk membuat kolam ikan koi tentunya menggunakan batu bata. Dengan bentuknya yang kecil batu bata dapat digunakan secara fleksibel sehingga cocok dengan keinginan kita. Tidak sama dengan batako yang mempunyai ukuran besar yang menyusahkan jika kita ingin bentuk yang berlekuk-lekuk. Didasar kolam ikan koi bisa dipasang bata atau dicor. Tetapi, sebelumnya harus sudah ditentukan saat awal-awal untuk menentukan dimana tata letak pintu pemasukan air dan pembuangan. Pintu pembuangan air untuk kolam ikan yang dibangun didalam tanah, sangat mustahil untuk dibuat. Selain itu, untuk kita harus memikirkan mengenai sirkulasi untuk semua kolam.

Dengan begitu bila kita menginginkan kolam ikan koi yang mempunyai air mancur atau air terjun sudah dipikirkan secara matang untuk menentukan dimana letak filter air, pompa, dan bagian yang akan dibangun air terjunnya. Maka sangat penting sekali untuk menuangkan keinginan dan angan kita didalam sebuah gambar dengan jelas dan detail. Sangat dihindarkan untuk membongkar kembali kolam ikan saat pembangunan kolam telah rampung. Saat pembuatan kolam ikan koi telah rapi dan kita melupakan untuk membuat lubang pasti akan menambah pekerjaan, sebab kita harus menyambungkan saluran yang terkait dengan lubang itu.

Sebaiknya permukaan kolam ikan tidak dibuat licin layaknya kita membangun tempat tinggal, sebab pasti akan menyusahkan pertumbuhan lumut. Oleh karena itu dengan cara melapisi semen sedikit kasar, kita mengharapkan kolam ikan akan menjadi licin sehingga nyaman untuk ikan kok lantaran adanya lapisan lumut yang tumbuh di permukaannya. Pembangunan bagian atas kolam tidak senantiasa dengan bata, batu-batuan yang memiliki wujud artistik-pun bisa digunakan.

Sekian artikel mengenai Langkah Mudah Membangun Kolam Ikan Koi. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu pembaca.

Langkah Mudah Membangun Kolam Ikan Koi

Sumber Tulisan : www.breederkoi.com

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*