Penyebab Ikan Arwana Berharga Mahal


Penyebab Ikan Arwana Berharga Mahal

PerikananIndonesia.com – Hampir sebagian kecil orang mempunyai kepercayaan jika kita memelihara dan merawat ikan maka rezeki akan datang. Khususnya jika anda merawat serta memelihara ikan yang mempunyai bentuk badan yang panjang juga ekor dan sirip yang mengembang.

Ikan itu adalah Arwana. Ikan air tawar yang sangat populer serta menjadi idola di antara jenis ikan lainnya. Kebanyakan orang memberikan pujian terhadap keindahan arwana. Tidak aneh, jika harga yang ditawarkan oleh penjual ikan ini pun selangit.

Timbul sebuah pertanyaan, Apa sih yang menyebabkan ikan arwana ini mempunyai harga yang tinggi? Ini adalah jawaban yang disampaikan oleh Jhony, yang merupakan salah satu pemilik dari Aro Idol, yaitu sebuah pet shop yang menawarkan arwana, juga sudah sering ikut dalam kontes arwana.

Jhony mengungkapkan bahwa memelihara arwana itu rumit yang sangat perlu untuk mendapatkan perhatian yaitu pada lampu dan air.

Penyebab Ikan Arwana Berharga Mahal

Penyebab Ikan Arwana Berharga Mahal

Bagaimanapun juga lampu serta air mempunyai pengaruh pada kelangsungan hidup ikan arwana. Dimana air harus selalu bersih. Ketika menjadi kotor, maka air harus secepatnya diganti, terlebih apabila ikan arwana tersebut di-tanning untuk menjadi warna merah.

Apabila anda menggunakan PAM atau air sumu, maka air ada baiknya air tersebut di filter terlebih dahulu agar air yang dihasilkan menjadi bagus. Tapi sebaliknya, apabila anda memakai air gunung maka air tidak perlu untuk disaring.

Arwana merah sendiri mempunyai daya pikat serta sangat dipercaya dapat mendatangkan kemakmuran bagi siapa saja yang memeliharanya. Agar dapat menjadi warna merah maka memerlukan waktu sekitar 1- 1,5 tahun. Sedangkan untuk ikan Arwana white base (dasar putih) maka sangat mudah untuk di-tanning.

Sedang untuk ikan Arwana yang berwarna emas maka sangat sulit untuk di-tanning menjadi merah, namun apabila sudah berhasil tanning, ikan arwana yang berwarna merah akan jauh terlihat lebih bagus. Lalu untuk dark base sendiri (dasar gelap) sulit untuk di-tanning, apabila ada salah cara dalam proses pengerjaannya, dapat menyebabkan arwana terlihat menjadi gosong.

Jhony menjelaskan untuk Lampu yang digunakan adalah dengan jenis LED serta NAN untuk viewing, lalu untuk bohlam jenis 827 atau 840 digunakan untuk tanning, sebab lampu tersebut mengandung ultraviolet.

Timbul lah sebuah pertanyaan, yaitu bagaimana cara menentukan arwana yang memiliki kualitas nomor satu? Jhony menjawab, bahwa arwana yang mempunyai kualitas serta bisa dilombakan, dapat dilihat dari bentuk dasar anatominya (contohnya, mulut yang sejajar, juga pandangan mata lurus), ekor dan sirip mengembang, ekor panjang dan menutup, keaktifan berenang, juga dayung panjang turun.

Apabila ikan Arwana hanya diam saja di pojokan, maka itu mempunyai arti jika ikan itu stres, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkankannya yaitu faktor air atau sangat dimasukkan ke akuarium.

Arwana sendiri memerlukan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi, apabila ikan tersebut dipindahkan ke tempat lain. Hal itu, dikarenakan ikan Arwana mempunyai teritorial yang hanya dapat menempati satu tempat saja.

Arwana memerlukan waktu adaptasi hingga mencapai sekitar dua minggu. Apalagi saat mengganti air akuarium pun, jika bisa ikan Arwana tersebut tidak perlu dipindahkan terlebih dahulu ke akuarium kecil atau ke kolam.


Penyebab Ikan Arwana Berharga Mahal

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*